Klasifikasi dan Tujuan Manajemen
Definisi
Manajemen
Kata Manajemen berasal
dari bahasa Perancis kuno menagement yangmemiliki arti seni melaksanakan
dan mengatur.
1 Manajemen belum
memilikidefinisi yang mapan dan diterima secara universal.
2 Mary Parker Follet,
misalnya,mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan
pekerjaan melalui oranglain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer
bertugas mengatur danmengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
3 Ricky W.
Griffinmendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk
mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa
tujuan dapat dicapai sesuaidengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa
tugas yang ada dilaksanakansecara benar, terorganisir, dan sesuai dengan
jadwal.
4Kata manajemen berasal
dari bahasa Italia maneggiare yang berarti"mengendalikan,"
terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasalatin manus
yang berati "tangan". Kata ini mendapat pengaruh dari bahasaPerancis
manège yang berarti "kepemilikan kuda" (yang berasal dari
BahasaInggris yang berarti seni mengendalikan kuda), di mana istilah Inggris
ini juga berasal dari bahasa Italia.
manajemen adalah suatu
proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbinganatau pengarahan suatu
kelompok orang ke arah tujuan organisasional. Manajemen
adalah suatu kegiatan,
pelaksanaannya adalah “managing”Pelaksanaan,sedang pelaksananya disebut manajer
atau pengelola.
6Dari beberapa
pendapat di atas, maka manajemen dapat diartikan sebagaisuatu proses yang
terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukanuntuk menentukan dan
mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya
manusia dan sumberdaya lainnya.
Fungsi
Manajemen
Fungsi manajemen adalah
elemen-elemen dasar yang akan selalu ada danmelekat di dalam proses manajemen
yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk
mencapai tujuan.Dalam rangka pencapaian tujuan ada lima kombinasi fungsi
fundamentalyang paling umum. Kombinasi tersebut dibaca dari atas ke bawah akan
terlihat ; A terdiri dari perencanaan
(planning) ,
pengorganisasian(organizing), memberi dorongan (actuating) , dan
pengawasan(controlling), B terdiri dari perencanaan, pengorganisasian,
memberi motivasi (motivating) dan pengawasan. C terdiri dari perencanaan,
pengorganisasian, staffing, memberi pengarahan (directing)dan pengawasan
;D terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, staffing,
memberi pengarahan, pengawasan, inovasi dan memberi peranan; E terdiri
dari perencanaan, pengorganisasian, memberi motivasi, pengawasan dan
koordinasi.
Suatu hal yang menarik
perhatian bahwa tiap kombinasi ada tiga fungsiyang sama, yakni (a) perencanaan,
(b) pengorganisasian, dan (c) pengawasan.Ada perbedaan tentang fungsi-fungsi
lainnya. Misalnya, apakah harus memsukkanactuating ataumotivating ke
dalam kombinasi tersebutatau dikeluarkan samasekali dan justru memasukkan
fungsi staffing dandirecting
ke dalamnya? Adayang
berpendapat bahwa staffing sudah merupakan bagian dariorganizing dandirecting adalah
bagian dari actuating atau motivating, dan seperti dipelihatkandalam gambar di
atas, ada juga yang berkeyakinan bahwa innovating, refresenting dan
coordinating merupakan fungsi-fungsi yang fundamental
Dari fungsi-fungsi manajemen
di atas, tampak bahwa ada kesamaan pandangan tentang fungsi manajemen.
Untuk menjabarkan makna dari fungsi-fungsi manajemen sebagai berikut:
1 Planning
adalah menetapkan
pekerjaan yang harus dilaksanakan olehkelompok untuk mencapai tujuan yang digariskan.
Planning mancakupkegiatan pengambilan keputusan, karena termasuk pemilihan
alternatif-alternatif keputusan.
2.Organizing
mencakup: (a) membagi
komponen-komponen kegiatan yangdibutuhkan untuk mencapai tujuan ke dalam
kelompok-kelompok, (b)membagi tugas kepada seorang manajer untuk mengadakan
pengelompokantersebut dan (c) menetapkan wewenang di antara kelompok atau
unit-unitorganisasi. Pengorganisasian berhubungan erat dengan manusia,
sehingga penugasannya di unit-unit organisasi dimasukkan bagian dari unsur
oganizing.Ada yang tidak berpendapat demikian, justru memasukkan staffing
sebagaifungsi utama.
3.Actuating
mencakup penetapan dan
pemuasan kebutuhan manusiawi dari pegawai-pegawainya, memberi penghargaan,
memimpin, mengembangkanmemberi kom\pensasi kepada mereka.
4.Motivating
merupakan kata yang
lebih disukai oleh beberapa pihak daripadakata actuating. Ada yang beranggapan
bahwa kedua kata tersebut adalah sama.Motivating berkonotasi emosional dan
irrasional. Actuating bersifatmotivasional dan mencakup lebih banyak formulasi
formal dan rasional.
5.Staffing
mencakup mendapatkan,
menempatkan dan mempertahankan anggota pada posisi yang dibutuhkan oleh
pekerjaan organisasi yang bersangkutan.
6.Directing
mencakup pengarahan
yang diberikan kepada bawahan sehinggamereka menjadi pegawai yang
berpengetahuan dan akan bekerja efektif menuju sasaran yang telah ditetapkan.
7.Controlling
mencakup kelanjutan
tugas untuk melihat apakah kegiatan-kegiatan dilaksanakan sesuai rencana.
Pelaksanan kegiatan dievaluasi dan penyimpangan-penyimpangan yang tidak
diinginkan diperbaiki supaya tujuan-tujuan dapat tercapai dengan baik.
8. Innovating
mencakup pengembangan
gagasan-gagasan baru,mengkombinasikan pemikiran baru dengan yang lama, mencari
gagasan-gagasan dari kegiatan lain dan melaksanakannya.
9.Representing
mencakup pelaksanaan
tugas pegawai sebagai anggota resmidari sebuah perusahaan dalam urusannya
dengan pihak pemerintah, kalanganswasta, bank, penjual, langganan dan kalangan
luar lainnya.
10.Coordinating
merupakan sinkronisasi
yang teratur dari usaha-usaha individuyang berhubungan dengan jumlah, waktu dan
tujuan mereka, sehingga dapatdiambil tindakan yang serempak menuju sasaran yang
telah ditetapkan.
Pada dasarnya para
ilmuan sepakat bahwa keseluruhan fungsi-fungsimanajerial dapat digolongkan
kepada dua jenis utama, yaitu fungsi-fungsi organik dan fungsi-fungsi
penunjang. Fungsi organik adalah keseluruhan fungsi utamayang mutlak perlu
dilakukan oleh para manjer dalam rangka pencapaian tujuandan berbagai sasaran
yang telah ditetapkan sebelumnya. Fungsi-fungsi organik tersebut merupakan
penjabaran kebijaksanaan dasar atau strategi organisasi yangtelah ditetapkan
dan harus digunakan sebagai dasar dalam bertindak. Fungsi-fungsi tersebut
seperti digambarkan di atas. Sedangkan fungsi-fungsi penunjangadalah berbagai
kegiatan yang diselenggarakan oleh orang-orang atau satuan-satuan kerja dalam
organisasi dan dimaksudkan mendukung semua fungsi-fungsiorganik para menajer
.